Yang terdalam …

Entah kenapa beberapa hari ini rasanya
ingin sekali menulis tentang tokoh dalam sebuah film,
dimana film ini adalah salah satu film terbaik yang pernah aku   tonton, yang mungkin tulisan ini hanya sekedar menjadi “coretan tanpa makna-ku” yang sama sekali tidak penting dan memang tidak bermakna.

Film ini mengangkat kisah peperangan
3000 tahun yang lalu, dalam sebuah adegan terjadilah dialog yang kurang lebih begini “now you know who you’re fighting!”, dari sini mungkin, kamu sudah tahu kalau yang ingin aku ceritakan adalah film Troy dan yang mengatakan kalimat diatas adalah Achilles, kstaria terhebat dan terkejam yunani pada masa itu.

Dalam kisah ini, Achilles adalah sosok pria yang memang layak disebut pria yang sesungguhnya, dalam hal hal tertentu saja tentunya, dia bukanlah seorang raja dan bukan juga dari kalangan bangsawan, tapi raja rajapun bergetar jika mendengar namanya. Dalam kisah ini jug Achilles mempunyai hubungan khusus dengan beberapa orang, yang pertama adalah ibunya, Patroclus dan Briseis

Sebagai seorang ksatria yang hidupnya hanyalah perang dan perang, tapi ketika akan berlayar ke Troya, dia menghadap ibunya dan meminta restu terlbih dahulu.

Ketika dia dan pasukannya berlabuh di daratan troya dan siap melakukan serangan mendahului pasukan Yunani yang lain, dia melarang sepupunya yang hendak ikut berperang sambil mengatakan “I can’t fight the trojans if I’m concerned for you”

Yang ketiga adalah Briseis, wanita cantik yang ditemukan pasukannya di kuil Dewa Matahari, ah.. agak berat buatku kalau membahas soal wanita, aku tidak tahu menahu soal ini, biarlah sahabat sahabatku yang lain yang membahasnya, yang aku tahu hanya, Achilles juga mempunyai hubungan khusus dengan wanita ini dan ketika dia bersama beberapa pasukan yunani berhasil memasuki kota Troya, yang ia cari pertama kali adalah Briseis, wanita yang berhasil membuat seorang ksatria terkejampun jatuh hati.

Lalu apa kaitannya antara Achilles seorang ksatria kejam, hubungan khusus  dan pria yang layak disebut pria?

Disitulah letak karakter dan value seorang Achilles sobat.. dalam kisah tersebut Achilles tak pernah sekalipun mengatakan bahwa dia sangat mengkhawatirkan dan menyayangi tiga orang tersebut, tapi jauh didalam hatinya dia sangat perduli dan itulah yang membuatnya layak disebut pria atau lebih tepatnya ksatria yang berkarakter dan bernilai tinggi!., dia bertindak tanpa banyak kata, dia tidak berjanji tapi dia melakukan sesuatu sebagai bukti.

Zaman telah berganti, waktu telah berlalu dan entah apakah Achilles adalah fakta atau sekedar fiksi,  ,namun setidaknya kisah kebesaran Achilles dapat sejenak kita renungi.

Apakah aku khawatir saat kucari cari kamu dikeramaian dan tak kutemukan?
aku rasa ngga perlu aku katakan.
————————-


Aku yang bukan “Achilles”,

Ujexx lancelot

4 thoughts on “Yang terdalam …

  1. wah, kebetulan saya pernah melihat film ini … Briseis merupakan purtri raja dari musuh Achilles, dan sepupunya tewas di medan tempur … karena menyamar sebagai Achilles … seru nie film.

    balik lagi ke karakter dan value Achilles, mungkin klo jaman sekarang kita hanya ngomong doank, menebar janji dimana2 … pokoknya saya banget.

    kayaknya saya harus belajar dari seorang Achilles dan mempraktekkannya … tapi jelas bukan tentang kekejamannya … hehehe

    • maaf bro, saya ralat sedikit ya…, briseis bukan putri raja Priam tapi lebih tepatnya keponakannya 🙂

      bact to Achillles, ah saya yakin anda tidak seperti itu, dan kenapa saya beri judul “yang terdalam”, karena yang terdalam hanya bisa dirasakan bukan sekedar diucapkan…

      selamat belajar bro, nanti suatu saat kalo sudah mengerti dan bisa, tolong ajari saya….

Leave a Reply

